Rabu, 02 Juli 2008

ABT Jogja 2008 (31 Mei - 1 Juni 2008 ) : Old Skool Car


Meski posisinya agak di sudut ruangan penyelenggaraan ABT Jogjakarta 2008 di Jogja Expo Center, namun keberadaan mobil ini banyak menyita perhatian pengunjung. Bukan apa-apa, Hudson Coupe 1940 ini merupakan Old Skool (istilah buat mobil - mobil berusia lawas). Mobil milik Unang ini sangat rapi pengerjaannya. "Mobil ini masih jalan untuk kebutuhan harian loh. Bensinnya pake Pertamax dengan konsumsi sekitar 9 km/liter untuk pemakaian dalam kota," ujar pemiliknya yang bekerja di pabrik susu dan makanan bayi ini.

Usut punya usut ternyata mesin aslinya yang berkapasitas 3.850cc 6-silinder sudah disubstitusi dengan mesin Kijang LSX yang bertransmisi otomatis. Hmm, pantas....

Mobil yang diakui Unang dibeli dari tangan pertama ini memang seperti menjadi kebanggaan besar pemilik barunya tersebut. Tak heran sudah sekitar Rp 85 juta ia klaim telah habiskan untuk membangun mobil ini. Item perubahan yang memakan kocek Unang tersebut diantaranya cat eksterior bodi menggunakan de Beers yang menghabiskan dana Rp 22 juta, velg Pinacle import langsung dari Amerika, cover jok MB Tech, top chop 7 cm, kaki-kaki custom serta sistem entertainment audio head unit Pioneer, subwoofer 12" dan 4 unit speaker Pioneer serta dua unit power amplifier dan dua unit kapasitor bank.
Mobil lawas yang ukurannya sudah masuk kategori restorasi (dibangun kembali) ini diakui Unang perlu kesabaran untuk membangunnya. Ia mengaku sudah tujuh tahun membangun mobil ini. Itu pun diakuinya belum selesai. "Saya masih berusaha hunting mesin V6 atau enam silinder segaris. Biar kalo ada lagi event ABT di Jogja, saya bisa ikutan dyno kontesnya," seloroh Unang pada www.autoblackthrough.com.

Pada keikutsertaannya di ABT Jogja kali ini, Unang setidaknya berhasil menggondol satu trofi dari kategori yang memang pantas dimilikinya, yaitu The Best Old School. Tuh, kan. Congratulation, sir! [derry/timABT]


http://www.autoblackthrough.com/events_abt_detail.php?id_national=248




Tidak ada komentar: