Rabu, 25 Juni 2008

Bajaj Pun Bikin MPV dengan Renault-Nissan

MUMBAI, INDIA, SELASA - Produsen otomotif India, Bajaj mengungkapkan rencananya untuk memperluas jaringan kerja sama produksi dengan Renault-Nissan, dalam pembuatan mobil besar sekelas MPV (Multi Purpose Vehicle).

Sebelumnya, Bajaj dan Renault-Nissan telah menjalankan kerjasama pembangunan mobil ekomonis berukuran mini, pada awal tahun 2008 ini. Nah, sekarang keduanya tengah menjajaki pengembangan mobil besar macam MPV. Demikian berita yang dilansir Economic Times of India.

Pada bulan Mei yang baru lalu, Bajaj telah menabuh genderang perang untuk menantang kompetitornya Tata, yang telah mempunyai Nano. Dengan mobil bertipe sama, Bajaj menawarkan mobil seharga 2500 dollar AS yang akan diproduksi massal pada 2011.

Rajiv Bajaj, Managing Director perusahaan keluarga tersebut mengungkapkan, Renault-Nissan sedang menyiapkan portfolio dari produk-produk mereka. "Tidak hanya varian-varian yang sama, tapi juga perbedaan dalam sisi harga," kata Rajiv.

Surat kabar lokal memberitakan, perjanjian ini rencananya akan ditandatangani pada bulan Juli mendatang. Renault-Nissan sebenarnya telah menjalin kerjasama serupa dengan produsen India lainnya Mahindra & Mahindra untuk membangun pabrik senilai 1,1 juta dollar AS di Chennai.

Di pabrik tersebut Mahindra & Mahindra juga akan membuat mobil murah, mirip dengan March atau Micra mini compact di tahun 2010. (INSIDELINE)


http://otomotif.kompas.com/read/xml/2008/06/25/1448280/bajaj.pun.bikin.mpv.dengan.renault-nissan

Tidak ada komentar: