Selasa, 24 Juni 2008

"Biofuel" Energi Alternatif Ramah Lingkungan

BiofuelMasalah energi alternatif saat ini menjadi perbincangan yang ramai di masyarakat. Krisis bahan bakar minyak (BBM) yang melanda Indonesia telah menggugah masyarakat bahwa Indonesia sangat bergantung pada minyak bumi sehingga perlu dicarikan solusi energi alternatif yang sesuai untuk Indonesia.

Pabrikan mobil dunia sudah belajar dari krisis minyak bumi dengan mengembangkan teknologi mesin canggih yang mampu menggantikan mesin konvensional. Untuk itu pengembangan biofuel sebagai alternatif pengganti bahan bakar fosil perlu kerja sama dari semua pihak, termasuk pemerintah, industri otomotif dan swasta. rena tidak mengandung sulfur. Biofuel adalah setiap bahan bakar baik padatan, cairan ataupun gas yang dihasilkan dari bahan-bahan organik. Biofuel dapat dihasilkan secara langsung dari tanaman atau secara tidak langsung dari limbah industri, komersial, domestik atau pertanian. Ada dua macam jenis biofuel yang bisa dikembangkan yaitu ethanol dan biodiesel.

Ethanol berasal dari alkohol yang strukturnya sama dengan bir atau minuman anggur. Ethanol dapat dipergunakan untuk menggerakkan mesin berbahan bakar bensin. Sedangkan untuk mesin diesel, bisa mempergunakan bahan bakar jenis biodiesel yang diproduksi dari senyawa kimia bernama alkyl esters yang bisa diperoleh dari lemak nabati. Bahan esters ini memiliki komposisi yang sama dengan bahan bakar diesel solar, bahkan lebih baik nilai cetane-nya dibandingkan solar.

Sebagai bahan bakar cair, biodiesel sangat mudah digunakan dan dapat langsung dimasukkan ke dalam mesin diesel tanpa perlu memodifikasi mesin. Selain itu, dapat dicampur dengan solar untuk menghasilkan campuran biodiesel yang ber-cetane lebih tinggi. Biodiesel pun sudah terbukti ramah lingkungan

http://www.situsotomotif.com/berita%11otomotif/umum/%22biofuel%22-energi-alternatif-ramah-lingkungan/

Tidak ada komentar: