Selasa, 24 Juni 2008

Tips Hemat BBM

Tips Hemat BBM Pemerintah secara resmi menaikkan harga bahan bakar minyak secara keseluruhan diatas 28%, harga premiun semula Rp. 4500,- menjadi Rp. 6000,- solar dari Rp. 4300,- menjadi Rp. 5500,-, dan minyak tanah dari Rp. 2000,- menjadi 2500,-.

Harga baru ini jelas membuat banyak pengguna kendaraan (pribadi) merasa kelabakan memberi “minum” tunggangan kesayangannya. Jadi kalau dulu dengan uang Rp 100.000,- anda mendapat bensin premium 22.22 liter sekarang hanya mendapat sekitar 16.67 liter saja. Perbedaannya adalah 5.55 liter. Jadi bila kendaraan anda dapat menempuh jarak 13 km per liter artinya sekarang anda kehilangan jarak tempuh sejauh 72.15 km padahal jarak tempuh sebesar ini besar artinya terutama untuk city driving.

Untuk mengurangi efek kerugian diatas pengguna kendaraan terpaksa mensiasati penggunaan kendaraannya alias berhemat. Berikut kami uraikan beberapa tips untuk menghemat konsumsi BBM anda agar dia tidak cepat haus:
  • Servis dan ganti oli mesin dan trasnmisi secara berkala sesuai yang disarankan oleh dealer/ATPM kendaraan anda.
    Keterlambatan akan mengurangi performa dan mengakibatkan pemborosan.

  • Gunakan tenaga mesin anda dengan bijaksana.
    Jangan menginjak pedal gas dengan dalam secara tiba-tiba untuk menghasilkan akselerasi yang tidak diperlukan. Tindakan ini secara signifikan mempengaruhi konsumsi bahan bakar.

  • Minimalisasi penginjakan pedal rem.
    Laju kendaraan dihasilkan oleh pembakaran bahan bakar. Bila anda sering-sering menginjak pedal rem sama saja anda telah membuang laju yang dihasilkan dan anda kehilangan jarak tempuh yang seharusnya (bila tidak menginjak rem).

  • Periksa kendaraan sebelum anda beraktivitas.
    Perhatikan juga hal-hal kecil seperti tekanan ban, pemeriksaan accu, pengisian air radiator, pastikan semua dalam keadaan normal dan dapat bekerja dengan baik.

  • Hindari kemacetan.
    Sebaiknya sebelum anda bepergian anda merencanakan jalur mana yang akan anda tempuh sekalian anda menyiapkan rute alternatif untuk menghindari kemacetan. Atau mungkin anda dapat memilih waktu yang lebih baik untuk menghindari rush hour (jam padat).

  • Kurangi '”lemak” pada kabin mobil.
    Singkirkan barang-barang yang tidak diperlukan dari dalam mobil. Kelebihan beban membuat kendaraan anda menjadi berat sehingga boros penggunaan bahan bakar.


Semoga tips ini membantu anda mendapatkan kembali sebagian jarak tempuh yang dicuri oleh kelangkaan minyak bumi.


http://www.situsotomotif.com/tips/lain%11lain/tips-hemat-bbm/


Tidak ada komentar: