Senin, 30 Juni 2008

Der Name ist Programm.


BMW Premium Selection - Gebrauchte Automobile.

BMW setzt neue Maßstäbe beim Kauf eines Gebrauchtwagens: Mit dem Zertifikat BMW Premium Selection finden Sie eine exklusive Auswahl an BMW Automobilen in Verbindung mit erstklassigen Service-Angeboten. Jedes BMW Premium Selection Modell erfüllt qualitätsorientierte Produktstandards und wird somit Ihren höchsten Ansprüchen gerecht. Dazu bietet Ihnen BMW ein umfassendes Paket ausgewählter Service- und Garantieleistungen.


http://www.bmw.de/de/de/usedvehicles/premiumselection/introduction.html


Mercedes Benz Terjuni Dunia Fashion

mercedes-benz-red-carter-swimwear.jpg

Mercedes Benz sebuah produsen mobil mewah dunia turut berperan terhadap perkembangan fashion di dunia dan akan secara serius menggarap produk busananya dalam Mercedes-Benz Fashion Week Swim di Miami, Florida, Amerika Serikat.

Mercedas-Benzbekerjasama dengan Red Carter sebuah rumah busana memperkenalkan baju renang pada acara Mercedes-Benz Fashion Week Swim. Dalam acara tersebut Mercedes-Benz Present juga memperkenalkan berbagai macam rancangan busana dari desainer terkenal seperti Monique Lhulier, Badgley Mischka, Alice Temperley, Kevan Hall, dan Veronica Jeanvie.

Rumah Busana Red Carter
“Kita akan bekerjasama dengan Red Carter hingga musim semi 2009” kata Lisa Holladay, Manager Brand Experience Marketing untuk Mercedes-Benz USA. Rumah busana Red Carter berdiri sejak 2004, yang beraliran gaya masa kini dan juga gaya Art Deco. Red Carter mendirikan mereknya di Miami yang lebih mengarahkan kepada pengguna di perkotaan yang berkembang serta memiliki semangat yang kreatif.

Koleksi Red Carter mempersembahjkan busana yang pas, membentuk tubuh, serta berfungsi sebagai baju renang yang dikombinasikan dengan bahan yang lembut, garis yang tegas, dan konstruksi busana yang terbaik dari desainer-desainer baju renang Red Carter.

Mercedez-Benz Fashion Week Swim
Mercedez-Benz Fashion Week Swim akan mengambil tempat di Miami, Forida tanggal 18-22 Juli 2008. Akan ditampilkan pula berbagai rancangan desainer yang cukup kenamaan pada musim semi 2009 termasuk Sylvie Cachay, Custo Barceleno, dan Vitamin A. (automotive) .


http://www.situsotomotif.com/berita%11otomotif/umum/mercedes-benz-terjuni-dunia-fashion/


GoodYear Drift 2008

drift-sml.jpgPada hari sabtu lalu (28/6) lapangan parkir Polda Metro Jaya kembali diramaikan oleh para penggila olahraga drifting di Tanah Air. Acara yang bertajuk Goodyear Night Drift 2008 ini melanjutkan kesuksesan acara yang sama pada tahun 2007 lalu yang digelar oleh Goodyear bekerjasama dengan Polda Metro Jaya untuk mempromosikan olahraga drifting yang aman dan sejalan dengan kampanye Safety Driving & Safety Racing dari Polda Metro Jaya. Untuk tahun ini, puluhan peserta dari berbagai macam usia (14 - 45 tahun) datang dari berbagai kota di Indonesia seperti Bandung, Purwokerto, Malang, Lampung, Semarang, Surabaya dan Jakarta. Ada tiga kategori yang diperlombakan pada kejuaraan ini yaitu

  • Penggerak Roda Depan (Front-Wheel Drive)

  • Penggerak Roda Belakang (Rear-Wheel Drive)

  • Kelas bebas (Free-for-All);

  • Selain itu juga ada satu kategori khusus yakni untuk kelas Suzuki.

Selain dari para penggila drifting, ajang yang digelar pada tahun ini juga semakin menarik karena para Drifter profesional terkemuka seperti Rifat Sungkar, Rizal Sungkar, Fitra Eri, Ricky Herdiana, Dr. Hery Agung dan Amandio (Best Drifter Goodyear Night Drift 2007) juga ikut serta meramaikan ajang kejuaraan ini.

Presiden Direktur PT Goodyear Indonesia, Nasution Abdul Rahman menjelaskan bahwa dukungan yang terus menerus diberikan oleh Goodyear dalam penyelenggaraan merupakan sebagai wujud komitmen Goodyear dalam mendukung event drifting di Indonesia dan meningkatkan citra olahraga ini di ajang regional dan global.

Dalam penyelenggaraannya yang sudah dimulai sejak sore hari, kejuaraan ini dibagi dalam tiga tahap kualifikasi sebelum tiga drifter terbaik dalam setiap kategori dipilih untuk grand final. Dalam ajang ini, dimana para juri yang terdiri dari tiga orang yaitu Chandra Alim (Pembalap & Perally), Sebastian S. (Perally & Jurnalis) dan Dodock C.H (Pembalap & Perally) menilai semua kategori berdasarkan jarak tempuh dan kesempurnaan mobil peserta dalam melakukan manuver atau drifting serta modifikasi mobil tersebut.

Semakin malam, pengunjung yang datang pun semakin banyak dan antusias yang membuat para Drifter semakin menggila untuk memacu mobil mereka melakukan drifting. Sexy dancer pun dihadirkan untuk menghibur para penonton yang memadati areal parkir Polda Metro Jaya. Para Drifter yang ngepot diareal parkir Polda tidak hanya para Drifter cowo saja, Drifter cewe seperti Alinka dan Rally Marina pun ikut serta dalam ajang ini. Tengah malam, pengumuman sebagai drifter terbaik diumumkan dan berikut adalah nama-nama para pemenang untuk setiap kategori.


http://www.situsotomotif.com/berita%11otomotif/event/goodyear-drift-2008/

Minggu, 29 Juni 2008

Honda Freed, Ideal Untuk Indonesia

freed-sml.jpgHonda Corp. akan memperkenalkan Honda Freed, sebuah minivan yang lega, user friendly, dan desain yang modis. Varian baru ini menjadi senjata Honda menyaingi Toyota Sienta dan Nissan Cube yang sebelumnya sudah dikeluarkan oleh kedua pabrikan tersebut. Produk ini rencana awal akan dilempar ke pasar Jepang pada bulan Juni 2008.

Honda Freed mengusung mesin 1500cc i-VTECH yang lincah berakselerasi dan Honda mengklaim bahwa mobil ini hemat bahan bakar, dengan jarak 16,4km per liter, dan sudah diuji rendah emisi dan sesuai dengan standar emisi Jepang yang dikenal sangat ketat peraturannya.

Honda Freed ini memiliki dimensi ukuran panjang 4,215mm, lebar 1,695mm, dan tinggi 1,720mm dan disertai model dengan tambahan skyroof. Dengan slidng doors di kedua pintu penumpang dengan lebar 600mm, dapat mudah di operasikan oleh penumpang belakang.

Dan tentunya mobil kompak ini dapat memuat banyak penumpang, Selain beratap lapang sehingga tampak lega Honda Freed ini dapat mengaungkut 6-8 penumpang, keluarga besar pun dapat menaikinya ke dalam mobil ini. Dalam kabin, kursi belakang dapat dilipat sehingga sepedapundapat masuk ke dalam mobil ini.

Keselamatan menjadi salah satu prioritas utama, Honda Freed ini telah mengusung Honda's Advanced Compability Enginering Body yang tidak hanya memberikan perlindungan kepada pengemudi dan penumpangnya tetapi juga meminimalisir kerusakan yang parah akibat kecelakaan.

Soal kenyamanan Honda Freed ini memberikan senjata ampuk untuk kenyamanan secara optimal. Suspensi MacPherson strut di kedua roda depan telah terbukti dapat memberikan kenyamanan dan respon yang baik dalam pengendalian. Di belakang memakai suspensi H-shaped torsion beam yang dapat memberikan stbilitas dan kenyamamnan penumpang belakang.

Hemat bahan bakar, kabin yang lapang lapang, dan nyaman. Dengan spesifikasi seperti ini Honda Freed sangat berpotensial untuk meraja di Indonesia yang rata-rata pengemudinya mengalami kemacetan setiap hari dan terkadang membutuhkan space yang besar untuk menampung seluruh keluarga bertamasya pada akhir pekan. Kita tunggu saja aksi ATPM Honda meluncurkan Freed di Indonesia.


http://www.situsotomotif.com/berita%11otomotif/produk-baru/honda-freed,-ideal-untuk-indonesia/

Honda Pilot 2009

Honda Pilot 2009Untuk pasar SUV Amerika Honda merilis facelift Honda Pilot 2009. Honda mengeluarkan Pilot sejak tahun 2002 yang diperkenalkan di New York International Auto Show. Sejak dipasarkan pasarkan pada tahun 2003 Honda Pilot mengalami banyak perubahan dari body hingga ke mesin. Honda Pilot 2009 ini tetap pada jalur SUV dengan kapasitas penumpang hingga 8 orang yang nyaman kerena keempat rodanya telah dipasang suspensi independen. Honda Pitot ini merupakan segmen Ultimate Family Adventure, yang memiliki banyak rival seperti Ford Everest, dsb.

Honda Pilot 2009 mengusung mesin yang lebih bertenaga 3500cc, i-VTEC yang dapat mengeluarkan tenaga 250dk. Dengan mesin ini Pilot dirasakan cepat berakselerasi sekaligus hemat mengkonsumsi bahan bakar, ditambah kemampuan Variable Cyilinder Management dan Variable Torque Management yang dapat menggunakan 4 wheel drive secara otomatis apabila sistem sensor mendeteksi ada roda di bagian depan selip, kemudian 4WD ini bekerja.

Interior Honda Pilot ini telah dilengkapi Honda Satellite-Linked Navigation System with Voice Recognition, Off-Road Tracking and Rearview Camera. Jadi jangan khawatir anda akan kehilangan arah saat mengendarai Honda Pilot. Selain itu Pilot juga dilengkapi Bluetooth HandsFreeLink untuk menerima telpon seluler dan MP3/auxiliary input jack untuk sound pleasure di mobil ini.

Bukan SUV kalau tidak memiliki fleksibilitas ruang. Kabin bagian belakang Honda Pilot ini disulap menjadi ruang lapang untuk menempati berbagai barang dengan melipat jok bagian belakang dan tengah mobil ke depan. Alhasil liburan anda bisa semakin seru dengan kapasitas lapang ini. Anda bisa membawa barang lebih banyak, atau menggelar kasur untuk kenyamanan keluarga anda selama perjalanan jauh.

Honda Pilot 2009 betul-betul serius memperhatikan soal keamanan. Seperti terlihat pada gambar di bawah dimana airbags bukan hanya terdapat pada bagian depan saja tetapi juga bagian tengah dan belakang yang menyerupai gordyn/gorden (side-curatin airbags). Kalau ada apa-apa, penumpang mendapatkan perlindungan yang maksimal dari segala arah.

Honda Pilot 2009 ini akan dibuka harganya sebesar $27,595 atau sekitar Rp. 257 juta (sebelum pajak pemerintah).



http://www.situsotomotif.com/berita%11otomotif/produk-baru/honda-pilot-2009/

Nissan Qashqai Sang Penjelajah

Nissan QashqaiButuh kendaraan yang kompak, dapat memuat banyak barang atau penumpang banyak, hemat BBM dan mampu berpidah-pindaah dari kota ke kota lainnya, jawabnya adalah Nissan Qashqai. Qashqai ini sendiri diambil dari nama suku nomaden (suku yang suka berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lainnya) yang berada di kawasan Iran-Turki.

Pabrikan Nissan telah memperkenalkan SUV yang satu ini sejak tahun 2006 dan kemudian dipasarkan pada tahun 2007. Pada awalnya Nissan Qashqai ini diperuntukkan dan di jual di daerah timur tengah dan eropa. Nissan Qashqai memang ditujukan kepada segmen dibawah “kakaknya” Nisan X-trail, dengan masin yang hampir sama, namun SUV ini lebih kompak dan memiliki dimensi yang lebih kecil dibanding X-Trail.

Nissan Qashqai ini sendiri di eropa tersedia dalam mesin bensin 4 silinder 2000cc DOHC 139dk, 6 percepatan, 1600cc DOHC 113dk serta 1500cc DOHC dan 2000cc diesel lengkap dengan Turbodeiselnya 105dk. Nissan ini memiliki berbagai fitur lengkap seperti Multi Information Display juga kelengkapan audio di setir yang hampir sama persis dengan X-Trail terbaru.

Soal keselamatan Nissan Qashqai ini suah mendapatkan sertifikat keselamatan dari eropa yang memiliki 5 bintang atau benar-benar menjaga keselamatan penumpangnya dari cidera serius pada kecelakaan, baik tabrakan dari depan, samping, keselamatan bagi anak, bahkan dari pejalan kaki.

Dengan disain yang kompak dan lebih kecil Nissan Qashqai dapat menampung 6-8 penumpang di dalamnya tetapi agak sempit kalau diisi hingga 8 orang. Seperti dilansir dari kompas.com, menurut presDir PT. Nissan Motor Indonesia Nissan Qashqai masih mungkin mungkin dijual di Indonesia dengan kisaran harga Rp. 230-250 jutaan dan dapat bersaing dengan Suzuki Grand Vitara, Hyundai XG Limited, KIA Sportage, Ceverolet Captiva, serta Ford Everest.


http://www.situsotomotif.com/berita%11otomotif/produk-baru/nissan-qashqai-sang-penjelajah/


Seven-Seater Subaru Exiga

subaru-exiga-sml.jpgFuji Heavy Industries Ltd. (FHI), pabrikan mobil Subaru, kemarin (17/6) mengumumkan model terbaru Subaru EXIGA di Jepang. Konsep dari model ini adalah tujuh penumpang (seven-seater) dengan pemandangan panorama pada saat mengadakan touring, EXIGA dibangun untuk memberikan keamanan dan kenyamanan berkendara bagi seluruh penumpangnya.

Mobil ini merupakan penggabungan mengetahui-bagaimana cara membangun mobil dari wagon dan juga crossover SUV. Subaru juga sukses dalam menciptakan ruangan kabin yang terbuka dan nyaman bagi seluruh penumpang sehingga bisa bercakap-cakap dan berbagi pengalaman selama perjalanan karena adanya pemandangan yang luas yang didapat melalui jendela.

Kendaraan ini merupakan model terbaru yang merepresentasikan kendaraan dengan jenis multi-passenger, yang menggunakan kekuatan yang ada pada Subaru dalam hal kestabilan kendaraan, suara yang tidak berisik, dan kualitas pengendaraan—yang kesemuanya direalisasikan melalui layout mesin yang dibuat secara horizont dan juga menggunakan Subaru Dynamic Chassis Control Concept (Subaru DC3).

Konsep Pengembangan
Seven passengers
Dengan tidak menghiraukan ukuran bodinya yang sangat nyaman untuk bermanuver, EXIGA dapat secara nyaman mengakomodasi penumpang hingga tujuh orang, dengan masih menyisakan ruangan dan pengedaraan yang nyaman bagi tiap penumpang. Perlengkapan dan kenyamanan yang sempurna ditambahkan untuk mengadopsi desain terbaru dengan pemandangan yang jelas, ruang sisa untuk keluar, dan ruang untuk bagasi.
Panorama/pemandangan
Ruangan yang jelas dan terbuka dibuat untuk seluruh penumpang agar dapat menikmati pemandangan diluar dengan jelas dari tiap kursi. Dan suara kendaraan yang tidak bising memungkinkan para penumpang untuk bercakap-cakap dengan mudah.
Touring/perjalanan
Sebagai tambahan untuk tingkat keselamatan yang tinggi, baik secara aktif maupun pasif, EXIGA menggabungkan handling yang mulus dan performa tinggi dengan kenyamanan berkendara kualitas tinggi. Kendaraan ini juga memberikan performa mesin yang ramah lingkungan dan hemat bahan bakar.

Empat model EXIGA yang ditawarkan:
• 2.0i merupakan model dasar dengan pemilihan peralatan standar dengan harga yang cukup terjangkau
• 2.0i-L menawarkan penyelesaian tingkat tinggi dan perlengkapan standar yang lebih lengkap lagi
• 2.0i-S merupakan model yang sangat sporty dengan mesin yang sangat aspiratif, dengan penambahan fitur model dan desain interior yang sangat dinamis
• 2.0GT merupakan kendaraan tipe grand touring car yang mengkombinasikan performa powertrain dengan mempertimbangkan aspek ramah lingkungan


http://www.situsotomotif.com/berita%11otomotif/produk-baru/seven%11seater-subaru-exiga/

Porsche 911 Turbo dari HAMANN

911-turbo-sml.jpgHAMANN Motorsport, tuner yang berasal dari Inggris, kemarin (23/6) mengumumkan kreasi mobil terbarunya yang didasarkan pada Porsche 911 Turbo yang disebut HAMANN Stallion. Yang paling mencolok dari Porsche ini adalah roofline-nya yang direndahkan. Untuk itu, HAMANN memangkas jendela dan pilar-pilar sampai dengan 8 sentimeter yang menyebabkan pengurangan penahan udara dibagian depan dan juga untuk konsumsi bahan bakarnya. Tapi yang paling mengejutkan, HAMANN melengkapi Stallion dengan gull-wing door yang membuat pintu dapat terbuka secara diagonal keluar dari bodi mobil.

Kombinasi antara bodi kit depan dan belakang keluaran HAMANN dengan heck spoiler dan juga roof spoiler mampu menambah cengkraman diaspal. Spoiler samping antar axles ikut menambahkan finishing untuk keseluruhan penampilan dari Stallion.

Inti dari Stallion adalah mesin yang dimodifikasi. Para teknisi HAMANN meningkatkan performa mesin motor Boxer Biturbo berkapasitas 3.6 liter (3600cc) standar yang bertenaga 480 hp / 353 kW menjadi 630 hp / 463 kW pada putaran torsi 6,300 rpm. Upgrade itu juga termasuk dua buah VNT (variable nozzle turbochargers) yang cukup besar, air strainer model sport, sistem pembuangan yang terbuat dari stainless steel dengan metal catalytic converter dan pengelolaan motor terbaru.

Akselerasi dari HAMANN Stallion untuk kecepatan 100 km/h dapat ditempuh hanya dalam tempo 3.3 detik dan itu lebih cepat seperenambelas detik dibandingkan dengan para pesaingnya dikelas yang sama. Untuk kecepatan maksimum yang dapat diraih juga cukup sensasional, yaitu 359 km/h. Dengan merendahkan bagian tengah 20 mm dari kendaraan ini yang menggunakan HAMANN sport coils juga mampu meningkatkan kemampuan handling.

HAMANN mengembangkan casis model sport dan mengkombinasikan pelek dengan ban secara tepat agar mampu mencapai handling yang optimal sehingga meningkatkan performa Stallion. Pelek aluminium tiga bagian dari HAMANN dinamakan EDITION RACE dengan pelek model bintang berwarna hitam yang dipernis dan baut-baut titanium rim flange yang juga dipoles sangat jelas menekankan kedekatan dengan Laupheim-sesama tuner mobil.

Kombinasi pelek-ban yang tersedia adalah rim yang berukuran 8,5Jx20 inci yang dibalut dengan ban 245/30ZR20 untuk bagian depan dan rim 12,0Jx20 inci dengan ban 325/25ZR20 dibagian belakang. HAMANN merekomendasikan ban-ban kualitas atas dengan tipe S1 EVO yang dibuat dengan teknologi rekanan dari HANKOOK.

Bagian Interior dari Stallion juga tidak luput dimodifikasi, pengrajin dari HAMANN hanya menggunakan bahan kulit terpilih untuk menutupi dan menghias kursi model sportnya. Pedal-pedalnya terbuat dari aluminium begitu juga dengan gear shift-nya yang membuat tampilannya sangat mewah dan sangat pas dengan bagian-bagian interior lainnya yang terbuat dari karbon. Logo dari HAMANN dibordir pada karpet bawah dan juga pada headrest untuk menekankan buatan dari HAMANN. Seluruh fitur-fitur yang terdapat dari kendaraan ini menyimbolkan simbiosis yang stylish dari bakat otomotif dengan gaya hidup. (egm)


http://www.situsotomotif.com/berita%11otomotif/produk-baru/porsche-911-turbo-dari-hamann/


New Aveo - Pintar dan Hemat BBM

aveo-2008-sml.jpgSore hari disalah satu mal dibilangan Jakarta Selatan pada hari selasa (24/6), dengan diselingi acara fashion show, street dance dan diiringi canda tawa dari duo MC kocak Edwin dan Jhodi, dimulailah acara peluncuran Chevrolet Aveo 1.5L model 2008. Untuk produk Chevy Aveo keluaran terbaru ini, peremajaan terjadi pada platform dan arsitektur yang diambil dari generasi sebelumnya.

Untuk saat ini, New Aveo yang ada di Indonesia masih merupakan produk import dari GM DAT (General Motors Daewoo Auto technology) Korea dan PT. General Motors Autoworld Indonesia (GMAWI) bertindak sebagai importirnya.

Pada kelas MPV (Multi Purpose Vehicle), Aveo akan bersaing ketat dengan Jazz, Yaris, Swift, dan Sirion. Honda Jazz selaku penguasa pasar juga akan hadir dalam versi barunya yang akan diluncurkan pada tanggal 27 juni mendatang. Sedangkan untuk target penjualan PT. GMAWI mematok kisaran 120-140 unit per-bulannya. Target ini terbilang rendah dibandingkan target yang dipasang oleh PT. Honda Prospect Motor (HPM) dengan all new Honda Jazznya,HPM mematok penjualan hingga 1500 unit per bulannya.

Gratis-gratisan untuk tahun pertama
Program hebat yang diluncurkan oleh PT.GMAWI untuk merangkul calon pembeli adalah GRATIS selama satu tahun pertama untuk semua biaya service dan penggantian parts seperti oli, filter oli, filter udara, filter bensin. Hmm... tawaran menarik untuk kondisi serba mahal saat ini.

New Aveo merupakan kendaraan yang irit dikelasnya karena sudah terbukti dan diuji coba dijalanan yang cukup macet dan padat di Jakarta oleh PT. GMAWI, pada kondisi seperti itu konsumsi bahan bakarnya 1:14” lanjut Mukiat Sutikno.

Aveo pintar beradaptasi dengan kadar oktan
Aveo dilengkapi dengan knocking sensor. Knocking, atau lebih dikenal dengan istilah ngelitik, terjadi saat kadar oktan pada bensin tidak sesuai dengan spesifikasi mesin. Dengan sensor ini Aveo peka terhadap kadar oktan dalam bensin dan dengan pintar segere menyesuaikan diri untuk optimalisasi performa.

Aveo tidak rewel dalam masalah konsumsi bensin. Dengan nilai kompresi yang rendah mengizinkan Aveo untuk bekerja normal dengan bensin murah sekelas premium. Berbeda dengan Yaris yang menuntut pertamax atau pertamax plus.

Spesifikasi Bodi Aveo, Keselamatan dan keamanan
Bodi dari New Chevrolet Aveo ini menggunakan rangka monocoque dengan distribusi 41% menggunakan baja bertekanan tinggi dan pada pintu dilengkapi dengan fitur Side Door Impact Beam sehingga membuat keseluruhan bodi sanggup meredam benturan yang terjadi.

Untuk menambah sistem keselamatan, sabuk keselamatan 3-titik ELR ditempatkan dibangku depan dan belakang sedangkan khusus untuk penumpang tengah diberikan sabuk keselamatan 2-titik ELR.

Aveo juga mengadopsi fitur keamanan canggih seperti adanya remote elektrik yang dilengkapi sistem Anti Theft Defferent System, System immobilizer yang membuat kendaraan tidak akan dapat distarter tanpa menggunakan kunci aslinya. New Aveo juga dilengkapi dengan alarm, setral lock, vanity mirror, serta lampu depan yang dapat mati secara otomatis ketika mesin mobil dimatikan.

Transmisi dan Dapur Pacu
Sistem transmisinya dihadirkan dalam dua pilihan
, otomatis 4 kecepatan dan manual 5 kecepatan. Sedangkan untuk performanya sendiri, New Chevrolet Aveo mengusung mesin berteknologi E-TEC II 4-silinder segaris berkapasitas 1.498 cc menggunakan Multi Point Injection dan Direct Ignition System (2 coil) dengan rasio kompresi 9,5:1. Mesin ekonomis yang menyimpan performa tinggi ini mampu menghasilkan tenaga maksimum 86 PS pada 5.600 rpm dan torsi maksimal yang mampu dicapai 128Nm pada putaran 3.000 rpm.

Sistem suspensi independent ditanam dikeempat roda. Suspensi depan menggunakan sistem mekanisme MacPherson Strut dengan Coil Spring dan pada bagian belakangnya memakai sistem Torsion Beam Axle. Sedangkan untuk sistem kemudinya pengaplikasian sistem rack and pinion dengan hydraulic power steering mampu mebuat kemudi menjadi responsif dan akurat.

Karakter yang agresif dan sporty ditampilkan pada New Chevrolet Aveo yang terlihat pada grill besar horizontal yang tampak seakan menyatu padahal grill besar tersebut dipisahkan oleh batang horizontal lebar dimana “Gold Bowtie” yang menjadi simbol Chevrolet berada ditengahnya.

Untuk menambah kesan stylish yang terpancar dari New Chevrolet Aveo, adanya ventilasi udara dikedua sisi fender depan semakin mempertegas kesan yang ingin disampaikan. Selain dari grill depan yang besar dan dua lampu utama yang dinamis, garis-garis kurva tegas pada bodi menunjukkan gayanya yang maskulin.

Dibagian interiornya, kabin berkapasitas 5 orang yang cukup lapang menjadikan mini MPV ini menjadi salah satu pesaing yang berat dikelasnya. Leg room model goose neck (leher angsa) menjadikan kaki semakin nyaman karena cukup lapang. Volume bagasi dengan model fitur folded split 60:40 double folding pada bangku belakang yang difungsikan membuat kabin bagasi yang diberikan cukup lapang.

Untuk warna yang ditawarkan New Chevrolet Aveo disediakan dalam 6 pilihan warna menarik, yaitu Poly Silver, Sports Blue, Pearl Black, Super Red, Highway Yellow dan Urban Grey. Sedangkan untuk harga dipasaran New Chevrolet Aveo 1.5 M/T Rp. 132,000,000,- (On the Road DKI Jakarta) dan New Chevrolet Aveo 1.5 A/T Rp. 147.000,000,- (On the Road DKI Jakarta).


http://www.situsotomotif.com/berita%11otomotif/produk-baru/new-aveo-%11-pintar-dan-hemat-bbm/

Knight Rider GPS

kitt.jpgAnda tentunya masih ingat dengan serial televisi Knight Rider yang ditayangkan di salah satu televisi swasta di awal tahun 90an. Yang dibintangi oleh aktor superstar Hollywood David Hasselhoff sebagai jagoannya beserta mobil pintarnya KITT dalam memerangi kejahatan.

Kini anda dapat membeli “KITT” tersebut. Tetapi dalam bentuk GPS. GPS Knight Rider ini bersuara otentik khas mobil KITT. GPS ini direkam dengan suara William Daniels yang merupakan suara asli KITT sehingga terasa bahwa mobil ini layaknya sebuah mobil dengan pemandu yang pitar seperti dalam serial tv tersebut.

Gps ini akan membunyikan “Hello Michael, where do you want to go today?' saat anda pertama kali menyalakan alat ini dan juga akan berkata “Michael, you're going the wrong way, you ninny” bila anda tersesat di jalan atau keluar dari rencana awal.

Saat ini GPS pintar Knight Rider dapat dibeli dengan harga 270 dollar US atau sekitar 2,6 juta rupiah. Dengan GPS ini anda dapat sedikit bernostalgia serta merasakan kekuatan mobil pintar KITT di dalam mobil dan tentunya sangat berguna bagi anda sebagai alat pemandu dalam perjalanan. (autoblog)


http://www.situsotomotif.com/berita%11otomotif/produk-baru/knight-rider-gps/


Fashion Car: Versace + Lamborghini

lambor-versace-sml.jpg

Pernah dengar istilah mobil sport? Tapi pernah gak dengar istilah mobil fashion? Mungkin pernah. Intinya mobil fashion adalah mobil upper class yang sangat menekankan nilai keindahan.

Lamborghini Murcielago LP640 Versace merupakan besutan paling gres di dunia fashion car saat ini. Management Lamborghini menggandeng Versace untuk menbuatkan design interior unit terbarunya untuk menambahkan nilai lux. Kini bukan hanya penggila Lamborghini yang akan membeli unit sexy ini tetapi juga penggila-penggila Versace.

Si sexy bukan hanya bisa melenggok liar tetapi sebagai mobil dia betul-betul dapat berlari kencang dengan mesin V12 - 6.500cc yang jelas akan memberikan sensasi luar biasa buat si pengemudi. (autonews/leftlanenews)


http://www.situsotomotif.com/berita%11otomotif/produk-baru/fashion-car%3a-versace-%2b-lamborghini/


Kamis, 26 Juni 2008

Perawatan CVT Honda Vario


Gambar 1

Gambar 2

Gambar 3

Gambar 4

Gambar 5
Bedanya skutik (skuter matik) dibanding motor biasa, perawatan skutik enggak bisa cuma mesin doang. Secara berkala komponen transmisi otomatisnya atau CVT juga perlu perawatan. Kalau sampai ada masalah bisa berabe tuh. Udah larinya lelet, suaranya pun berisik.

“Kalau rumah CVT atau komponen CVT kemasukan kotoran dan kena minyak, akan mengganggu kerja CVT. Akibatnya timbul bunyi berisik dari ruang CVT,” ulas Adi Sutisna yang buka gerai khusus skutik RC Speed di Jl. Rempoa Raya No. 7 Ciputat Jakarta Selatan.

Di dalam CVT terbagi 2 bagian yang dihubungkan oleh drive belt (belt penggerak). Bagian depan terdiri dari drive pully face (pully penggerak depan), movable drive face, weight rollers (roller) dan ramp plate. Bagian belakang terdiri dari centrifugal clutch (kopling sentrifugal), movable driven face dan driven face. Puli depan biasa disebut puli primer dan belakangnya dinamakan puli sekunder.

Komponen-komponen tersebut harus diperhatikan kebersihannya. Perlu diperiksa rutin maksimal 6 bulan sekali (tiap 4000 Km). “Harus bersih dari kotoran maupun minyak. Kalau ada kotoran yang menempel pada belt maupun komponen lain akan mengganggu kinerja CVT, akibatnya timbul bunyi krotok..krotok.. didalam CVT,” ulas Syafrudin, kepala bengkel Clara Motor II di Jl. Arteri Kelapa Dua No 5, Kebun Jeruk, Jakarta Barat.

Bongkar CVT
Untuk perawatan dan pengecekan tidak terlalu susah. Mari kita praktikkan pada Honda Vario. Buka cover CVT pakai kunci T 8 (Gbr. 1), lepas baut selang udara pakai obeng plus. Setelah cover CVT dilepas, buka mur crankshaft pakai kunci sok 22 dan buka mur drive shaft pakai kunci sok 19. Tapi sebelumnnya drive pully dan driven pully ditahan pakai traker penahan pully. Lepas semua komponen baik depan maupun belakang.

Pemeriksaan Khusus
Periksa kondisi masing-masing peranti pakai sikmat. Cek lebar drive belt. Minimal 18 mm (standar 19 mm) kalau kurang harus diganti. Periksa kondisi drive belt apakah retak atau tidak, dengan cara dibalik yang kemudian ditekuk. Kalau ada keretakan wajib diganti (Gbr.2).

Periksa tapak dalam flywheel (tromol kopling), bersihkan permukaan dalam pakai ampelas halus. Kalau sudah kemakannya dalam juga harus diganti (Gbr.3). “Kalau sudah aus/kemakan, kerja kampas sentrifugal jadi lambat sehingga transfer tenaga juga ikut lelet, akibatnya skutik bisa tambah boros BBM,” tambah Adi.

Cek kondisi roller, kalau ada yang rusak atau peyang (tidak rata) harus diganti keenamnya meskipun hanya 1 yang rusak (Gbr.4). “Kalau cuma diganti yang rusak saja percuma, karena keausan yang lain juga berbeda sehingga kerja antara yang satu dengan yang lain tidak rata,” tambah pria ramah ini.

Ketebalan roller tidak boleh kurang dari 17,5 mm (standar 17,92 – 18,08 mm). Kalau kurang dari standar juga wajib diganti.

Jangan lupa cek ketebalan kampas sentrifugal (Gbr.5). Ketebalan minimum 2 mm, kalau aus/tipis segera diganti. “Kerjanya menekan flywheel sehingga transfer tenaga dari penggerak diteruskan ke roda. Kalau kampas sentrifugal aus/tipis maka transfer tenaga jadi lambat dan besutan jalannya lelet,” tutup pria yang suka bercanda ini.


http://www.otomotifnet.com/otoweb/index.php?templet=ototips/Content/0/0/1/7/632

Komunitas Vario Arek Suroboyo

Tepatnya 22 September tahun lalu menjadi momentum bagi penyemplak Honda Vario di Surabaya, Jawa Timur. Mereka bersepakat mendirikan komunitas skutik Honda dengan nama VCS (Vario Community Surabaya). Berdirinya komunitas ini tentu tak lepas dari peran PT Mitra Pinasthika Mustika (MPM) selaku main dealer motor Honda wilayah Jawa Timur dan NTT.

“Awalnya kita dihubungi MPM untuk datang menyemarakkan Honda Racing Championship (HRC) 2007. Nah dari situ kita menyatukan visi dan misi pembentukan komunitas,” kenang Yudha, salah satu pencetus VCS.

Dari komunitas ini berbagai kegiatan diadakan. Mulai nongkrong bareng di salah satu hot spot komunitas otomotif Arek Suroboyo. Tepatnya depan Gedung DPRD II Surabaya, setiap malam Minggu. Sampai touring untuk memperat rasa brotherhood antar anggota VCS rutin digelar tiap libur atau cuti nasional. “Turing menjadi sarana bagi anggota untuk refreshing sekaligus merekatkan kekompakan klub” sambung Yudha kepada OTOMOTIFNET.COM.


Bordes ala Thailand

Disk brake lebar
Selain itu meski tak ada kewajiban bagi anggota VCS untuk ngemodif skutik-nya, namun uniknya beberapa anggotanya tetap kompak untuk konsep modifikasi yaitu “Keren dan Fungsional”. Coba tilik tiga Vario milik Eko Sulistiono, Vandy Setia dan Yudhi Priyambadha. Mereka memoles skutik besutan namun tak menghilangkan fungsi aslinya.

“Kita hanya main aksesoris gaya Thailand aja. Yang penting tampilan tidak culun orsi,” kompak ketiga skuticers tersebut. Variasi bordes almu gaya Thailand menempel di ketiga skutik buatan Honda ini, lampu semi smoke untuk mempertegas karakter macho juga ampuh mendongkrak tampilan. Behel belakang ala Tiger dan Front discbrake lebar dan cakram buritan juga menjejali skutik ketiga anggota VCS ini. Tuh kan kompak bos!

http://www.otomotifnet.com/otoweb/index.php?templet=otoclub/Content/0/0/1/7/619

Free For All Racing


Ngumpul disatu tempat sembari mempersiapkan rencana ke depan

Memang kalau pada dasarnya gemar dengan yang namanya racing sport, apapun bisa terjadi. Terbukti Suzuki Amenity Eleny Club (SAEC) terbentuk atas dasar itu, yang kebanyakan anggotanya doyan dengan dunia kebut roda empat. Hingga saat ini, kegiatan yang kebanyakan digelar oleh SAEC tetap bersentuhan dengan olahraga balap. Tidak heran jika kami menjulukinya dengan Free For All Racing.

Jenis mobil Suzuki Amenity dan Eleny yang terakhir diproduksi pada tahun 1990 – 1994, menjadi tantangan tersendiri bagi para pemiliknya. Namun awalnya justru hanya dari milis dan ngumpul bareng di sebuah tempat. Namun setelah lama saling mengetahui bahwa kebanyakan anggota milis ini juga mempunyai mobil yang serupa, mereka sepakat untuk membentuk sebuah klub yaitu SAEC pada tahun 2005.


Sebelum balapan, mesin di periksa dulu biar enggak keduluan sama yang lain
“Kebanyakan teman-teman disini itu doyan dengan yang namanya balapan. Yah sejak terbentuk pada tahun 2005 lalu, kami terbilang konsisten mengikuti sejumlah pagelaran balap seperti Drag Race, Slalom bahkan Balapan Liar sekalipun dan lain-lainnya. Makanya kebanyakan teman-teman menjadi begitu terpacu dengan bakat yang ada ini,” ungkap Bima selaku anggota SAEC.

Selain karena persamaan bakat balap tersebut, SAEC juga didasari karena terdapat beberapa orang anggota yang hobi melakukan modifikasi pada mobil mereka. Bahkan bukan hanya melingkupi Jakarta saja, anggota dari kota Parahyangan Bandung juga ada. “Kami semua sangat senang bisa bergabung disini sesama pengguna Suzuki Amenity dan Eleny. Apalagi juga ada beberapa teman kami yang hobi modifikasi, termasuk salah satunya Om Dian yang akan mengikutkan mobil hasil modifikasinya tersebut di ajang Drag Race Sentul (13/7) mendatang,” ungkap Willy selaku dedengkot klub SAEC.


http://www.otomotifnet.com/otoweb/index.php?templet=otoclub/Content/0/0/1/7/762

Rabu, 25 Juni 2008

Motor Tank dari Amerika

JAKARTA, RABU - Semua kondisi jalan, entah di pasir, aspal, tanah maupun salju diterobos dengan eces. Kecuali sungai atau kali, dangkal sekalipun karena sepedamotor karya Hyanide dan Baal ini tidak diciptakan untuk berenang, tapi untuk petualangan off-road.

Hyanide dan Baal menciptakan motor sekitar dua tahun lalu guna mengikuti kontes Michelin Chalange Design 2006 di North American International Auto Show di Detroit, Amerika. Modelnya, sepintas seperti tank namun rodanya bukan rantai melainkan ban sehingga disebut Motor Tank.

Sistem pengendalian ada dua cara, bisa dengan tangan atau kaki. Jadi, untuk membelok, tinggal tangan yang mendorong setang. Semisal belok kanan, tangan kiri yang dorong kemudi. Sedang kaki digunakan untuk menambah poros putar. Dan kecepatannya cukup tinggi lantaran menggunakan mesin ATV berkapasitas 500 cc. Namun menurut keduanya, soal mesin bisa apa saja. Karena tinggal ditemplok ke sasis yang dirancang fleksibel. (Aries)

http://otomotif.kompas.com/read/xml/2008/06/25/13155245/motor.tank.dari.amerika

The New Mazda6, Sedan "Balap" Rp 410 Juta

JAKARTA, KAMIS - Seperti yang telah diberitakan Kompas sebelumnya, hari ini (Kamis, 27/3) PT Mazda Motor Indonesia resmi meluncurkan sebuah produk terbaru di Indonesia, the New Mazda6. Mengambil tempat di Hotel Four Seasons, Jakarta, pihak Mazda mengaku yakin mampu menjual 200 unit hingga akhir 2008, untuk mobil yang dibanderol Rp 410 juta per unit tersebut.

Salah satu yang unik dalam mobil sedan "rasa" mobil balap ini adalah penempatan lingkar kemudi pada sudut 21 derajat. Sederhana memang, tapi hal ini ditujukan untuk menciptakan kenyamanan dan memaksimalkan keterikatan pengemudi dengan mobil, sesuai julukan Mazda sebagai driver's car.

Dengan kapasitas mesin 2.5 liter, mobil ini dilengkapi tuas pengganti gigi tipe 'paddle' yang disambungkan dengan ActiveMatic gearbox. Nah, fitur inilah yang memungkinkan pengemudi merasa sedang mengendarai mobil balap dan lebih dinamis. "Ini satu-satunya sedan mewah yang dilengkapi tuas pengganti gigi tipe paddle," kata Haryanto Djayaputra, Dealer Business Manager PT Mazda Motor Indonesia.

Untuk memanjakan telinga, seperangkat piranti sound system dengan enam CD changer, delapan speaker, berikut digital amplifier dari Bose, akan mengalun di tengah kesenyapan kabin the New Mazda6.

Selain itu, masih ada fitur Adaptive Front System (AFS) dan lampu depan Bi-Xenon HID yang memperkuat kesannya sebagai sedan premium. Berkat AFS ini, lampu tambahan akan menyala sesuai belokan mobil, sehingga jalur kendaraan akan diterangi dengan lebih baik. (SMS)


http://otomotif.kompas.com/read/xml/2008/03/27/2041049/the.new.mazda6.sedan.balap.rp.410.juta

Bajaj Pun Bikin MPV dengan Renault-Nissan

MUMBAI, INDIA, SELASA - Produsen otomotif India, Bajaj mengungkapkan rencananya untuk memperluas jaringan kerja sama produksi dengan Renault-Nissan, dalam pembuatan mobil besar sekelas MPV (Multi Purpose Vehicle).

Sebelumnya, Bajaj dan Renault-Nissan telah menjalankan kerjasama pembangunan mobil ekomonis berukuran mini, pada awal tahun 2008 ini. Nah, sekarang keduanya tengah menjajaki pengembangan mobil besar macam MPV. Demikian berita yang dilansir Economic Times of India.

Pada bulan Mei yang baru lalu, Bajaj telah menabuh genderang perang untuk menantang kompetitornya Tata, yang telah mempunyai Nano. Dengan mobil bertipe sama, Bajaj menawarkan mobil seharga 2500 dollar AS yang akan diproduksi massal pada 2011.

Rajiv Bajaj, Managing Director perusahaan keluarga tersebut mengungkapkan, Renault-Nissan sedang menyiapkan portfolio dari produk-produk mereka. "Tidak hanya varian-varian yang sama, tapi juga perbedaan dalam sisi harga," kata Rajiv.

Surat kabar lokal memberitakan, perjanjian ini rencananya akan ditandatangani pada bulan Juli mendatang. Renault-Nissan sebenarnya telah menjalin kerjasama serupa dengan produsen India lainnya Mahindra & Mahindra untuk membangun pabrik senilai 1,1 juta dollar AS di Chennai.

Di pabrik tersebut Mahindra & Mahindra juga akan membuat mobil murah, mirip dengan March atau Micra mini compact di tahun 2010. (INSIDELINE)


http://otomotif.kompas.com/read/xml/2008/06/25/1448280/bajaj.pun.bikin.mpv.dengan.renault-nissan

Selasa, 24 Juni 2008

Full LED Audi R8

Audi R8Mobil sport Audi R8 saat ini mendapatkan perlengkapan yang sangat exotic, lampu-lampu yang terdapat di Audi R8 seluruhnya memakai lampu ', CAPTION, 'LED',BELOW,RIGHT, WIDTH, 300, FGCOLOR, '#CCCCFF', BGCOLOR, '#333399', TEXTCOLOR, '#000000', CAPCOLOR, '#FFFFFF', OFFSETX, 10, OFFSETY, 10);" onmouseout="return nd();">LED. Lampu-lampu ini merupakan tambahan apabila akan dipakai disiang hari yang saat ini memakai 24 LED per lampu. Lampu-lampu dioda juga masih dipergunakan sebagai lampu sinyal, lampu sorot kecil dan lampu sorot besar.

Alasan dipergunakan lampu LED ini datang dari negara-negara Uni Eropa. Keunggulan dipakainya lampu LED ini karena konsumsi energi yang lebih rendah dan cahaya yang dipantulkan menyerupai cahaya disiang hari, sehingga lebih nyaman dengan mata manusia. Dengan harga berkisar €3,590, pilihan-pilihan berteknologi tinggi tersedia untuk mobil sport bermesin tengah ini.


Lampu berteknologi ini merupakan pilihan yang tersedia untuk Audi R8, yang juga termasuk didalamnya komponen-komponen berteknologi tinggi seperti Rangka Pesawat Audi yang berbahan Aluminium, rem keramik dan juga mesin mid-mounted V8 dengan teknologi FSI.


Teknologi yang ada di Audi R8 dikerjakan oleh PPI, dimana PPI Automotive Design dengan Audi mempunyai hubungan yang khusus. Jadi ketika pengerjaan desain berada ditangan PPI maka sudah dipastikan hasilnya akan memuaskan. PPI tidak hanya mengerjakan teknologi yang ada tetapi juga mereka turut campur tangan didalam Audi R8 generasi kedua ini, mereka juga mengupgrade bodi, suspensi, mesin dan saluran pembuangan.

Audi R8 yang dilengkapi dengan desain yang sporty dan inovatif, akan membuat anda tergoda untuk berpikir bahwa nilai interior hanya berperan sebagai yang terendah. Jika anda berpikiran seperti itu, anda salah karena PPI menawarkan kemajuan, teknologi yang terhebat dan kenyamanan berkendara yang akan memuaskan walaupun samapi dengan permintaan yang berbeda. (autoblog)


Article Title:
Full LED Audi R8" target="_blank">Click Untuk Versi Besar


http://www.situsotomotif.com/berita%11otomotif/umum/full-led-audi-r8/

"Biofuel" Energi Alternatif Ramah Lingkungan

BiofuelMasalah energi alternatif saat ini menjadi perbincangan yang ramai di masyarakat. Krisis bahan bakar minyak (BBM) yang melanda Indonesia telah menggugah masyarakat bahwa Indonesia sangat bergantung pada minyak bumi sehingga perlu dicarikan solusi energi alternatif yang sesuai untuk Indonesia.

Pabrikan mobil dunia sudah belajar dari krisis minyak bumi dengan mengembangkan teknologi mesin canggih yang mampu menggantikan mesin konvensional. Untuk itu pengembangan biofuel sebagai alternatif pengganti bahan bakar fosil perlu kerja sama dari semua pihak, termasuk pemerintah, industri otomotif dan swasta. rena tidak mengandung sulfur. Biofuel adalah setiap bahan bakar baik padatan, cairan ataupun gas yang dihasilkan dari bahan-bahan organik. Biofuel dapat dihasilkan secara langsung dari tanaman atau secara tidak langsung dari limbah industri, komersial, domestik atau pertanian. Ada dua macam jenis biofuel yang bisa dikembangkan yaitu ethanol dan biodiesel.

Ethanol berasal dari alkohol yang strukturnya sama dengan bir atau minuman anggur. Ethanol dapat dipergunakan untuk menggerakkan mesin berbahan bakar bensin. Sedangkan untuk mesin diesel, bisa mempergunakan bahan bakar jenis biodiesel yang diproduksi dari senyawa kimia bernama alkyl esters yang bisa diperoleh dari lemak nabati. Bahan esters ini memiliki komposisi yang sama dengan bahan bakar diesel solar, bahkan lebih baik nilai cetane-nya dibandingkan solar.

Sebagai bahan bakar cair, biodiesel sangat mudah digunakan dan dapat langsung dimasukkan ke dalam mesin diesel tanpa perlu memodifikasi mesin. Selain itu, dapat dicampur dengan solar untuk menghasilkan campuran biodiesel yang ber-cetane lebih tinggi. Biodiesel pun sudah terbukti ramah lingkungan

http://www.situsotomotif.com/berita%11otomotif/umum/%22biofuel%22-energi-alternatif-ramah-lingkungan/

Jangan Sembarangan Cat Mobil Anda

Pengecatan MobilCat merupakan salah satu bagian utama dari penampilan sebuah mobil. Warna memberikan nilai kepribadian pada mobil tetapi kualitas cat memberikan faktor mewah (elegant) pada mobil kesayangan anda.


Ada dua jenis bahan dasar cat yang biasa digunakan dalam pengecatan sebuah mobil. Pertama, adalah NC (Nitro Cellulose), kedua, adalah PU (Poly Urethane). Sesuai dengan sifat dasarnya, NC biasanya digunakan untuk mobil-mobil sederhana, seperti pickup, truck angkutan umum, dsb., sementara PU untuk mobil mewah seperti kendaraan pribadi.

Contoh dari cat NC adalah cat Kuda Terbang sedangkan jenis PU adalah Spies Hecker. Masih banyak merk-merk lain dapat ditemukan di pasaran dengan kualitas yang berbeda walaupun sama jenisnya. Tetapi kedua merk inilah yang paling banyak ditemukan di pasaran.


Bahan dasar NC.
Merupakan bahan cat yang murah dan mempunyai beberapa kelemahan mendasar; antara lain kurang mengkilat (glossy) dan cepat pudar. Namun jenis ini memiliki keunggulan yang cukup memikat yaitu sifatnya yang 'instant'. Tidak perlu menunggu lama, cukup beberapa menit mobil yang dicat bisa dipakai kembali. Oleh karena itu cat ini menjadi pilihan favorit bengkel-bengkel kecil yang biasa menangani kendaraan non-pribadi.


Bahan dasar PU.
Merupakan bahan cat yang mahal. cat PU biasanya disebut dengan cat oven karena proses pengeringannya memakai oven. Tanpa teknik oven proses pengeringan memakan waktu lama dan sering membuat kendala tersendiri. Tetapi dengan menggunakan teknik oven, proses pengeringan hanya butuh 60 menit saja. Beberapa kelebihan cat PU dibandingkan cat NC antara lain memiliki daya kilat yang tinggi, daya tutup bagus dan keras, lebih tahan terhadap goresan, dan tahan lama. Bagi pemilik kendaraan yang mengutamakan kualitas, sudah pasti cat jenis inilah yang dipilih meskipun ia harus membayar mahal. Biasanya mobil baru dari pabrik menggunakan bahan dasar PU dan dapat bertahan hingga tahunan.


Keawetan cat mobil ditentukan juga dengan bagaimana cara anda merawat dan melindungi cat body kendaraan anda agar terbebas dari berbagai masalah. Sayangnya pemilik mobil pada umumnya minim informasi sehingga sering kali tidak sadar bahwa yang dilakukannya dapat berakibat buruk pada mobilnya. Misalnya saja dengan menggunakan obat poles.


Banyak pemilik mobil memilih menggunakan obat poles untuk menjaga kualitas cat mobilnya. Memang, dengan cara ini hasilnya akan langsung terlihat. Namun lama-kelamaan obat poles itu justru akan memudarkan cat mobil. Hal ini dikarenakan campuran bahan kimia yang dikandung obat poles tersebut. Sepintas, mobil terlihat berkilau. Namun, jika berisiko terhadap kerusakan cat mobil, sebaiknya dihindari dari awal.


http://www.situsotomotif.com/tips/perawatan/jangan-sembarangan-cat-mobil-anda/


Tips Hemat BBM

Tips Hemat BBM Pemerintah secara resmi menaikkan harga bahan bakar minyak secara keseluruhan diatas 28%, harga premiun semula Rp. 4500,- menjadi Rp. 6000,- solar dari Rp. 4300,- menjadi Rp. 5500,-, dan minyak tanah dari Rp. 2000,- menjadi 2500,-.

Harga baru ini jelas membuat banyak pengguna kendaraan (pribadi) merasa kelabakan memberi “minum” tunggangan kesayangannya. Jadi kalau dulu dengan uang Rp 100.000,- anda mendapat bensin premium 22.22 liter sekarang hanya mendapat sekitar 16.67 liter saja. Perbedaannya adalah 5.55 liter. Jadi bila kendaraan anda dapat menempuh jarak 13 km per liter artinya sekarang anda kehilangan jarak tempuh sejauh 72.15 km padahal jarak tempuh sebesar ini besar artinya terutama untuk city driving.

Untuk mengurangi efek kerugian diatas pengguna kendaraan terpaksa mensiasati penggunaan kendaraannya alias berhemat. Berikut kami uraikan beberapa tips untuk menghemat konsumsi BBM anda agar dia tidak cepat haus:
  • Servis dan ganti oli mesin dan trasnmisi secara berkala sesuai yang disarankan oleh dealer/ATPM kendaraan anda.
    Keterlambatan akan mengurangi performa dan mengakibatkan pemborosan.

  • Gunakan tenaga mesin anda dengan bijaksana.
    Jangan menginjak pedal gas dengan dalam secara tiba-tiba untuk menghasilkan akselerasi yang tidak diperlukan. Tindakan ini secara signifikan mempengaruhi konsumsi bahan bakar.

  • Minimalisasi penginjakan pedal rem.
    Laju kendaraan dihasilkan oleh pembakaran bahan bakar. Bila anda sering-sering menginjak pedal rem sama saja anda telah membuang laju yang dihasilkan dan anda kehilangan jarak tempuh yang seharusnya (bila tidak menginjak rem).

  • Periksa kendaraan sebelum anda beraktivitas.
    Perhatikan juga hal-hal kecil seperti tekanan ban, pemeriksaan accu, pengisian air radiator, pastikan semua dalam keadaan normal dan dapat bekerja dengan baik.

  • Hindari kemacetan.
    Sebaiknya sebelum anda bepergian anda merencanakan jalur mana yang akan anda tempuh sekalian anda menyiapkan rute alternatif untuk menghindari kemacetan. Atau mungkin anda dapat memilih waktu yang lebih baik untuk menghindari rush hour (jam padat).

  • Kurangi '”lemak” pada kabin mobil.
    Singkirkan barang-barang yang tidak diperlukan dari dalam mobil. Kelebihan beban membuat kendaraan anda menjadi berat sehingga boros penggunaan bahan bakar.


Semoga tips ini membantu anda mendapatkan kembali sebagian jarak tempuh yang dicuri oleh kelangkaan minyak bumi.


http://www.situsotomotif.com/tips/lain%11lain/tips-hemat-bbm/


BMW meluncurkan produk seri 6 Convertible dan seri 3 Coupe

Bmw Seri 6Belum lama ini PT. BMW Indonesia kembali memperkenalkan dua varian seri 6 dan 3, dengan segmentasi pecinta mobil yang bergaya progrsif, eksklusive dan individual. Ini merupakan langkah yang memperkokoh posisi BMW di Indonesia dan mempertajam citra BMW sebagai merk mobil paling menawan dan menarik di Indonesia.

BMW Seri 6 Convertible hadir dengan eksterior dan interior yang lebih sempurna dengan mengusung inovasi teknologi terkini.Interior kuda besi ini dibalut kulit berteknologi SunReflective yang sanggup membuat suhu 20 derajat Celcius lebih sejuk. Pemilik juga dimanjakan dengan entertainment iPod dan MP3 sudah tersedia lengkap di dalamnya.

Untuk atapnya, Seri 6 Convertible menggunakan lapisan peredam panas dan suara dari bahan busa polyurethane (PUR) di antara dua lapisan berbahan karet pada sisi dalam dan luarnya. Feature convertible dikendalikan dengan tombol pada panel instrumen dan remote control. Atap mobil bisa dibuka-tutup sambil melaju pada kecepatan 30 km per jam dengan waktu prosesmasing-masing 25 detik.

Spesifikasi seri 6 Convertible antara lain:


BMW Seri 6 Convertible ini diberi label harga Rp. 1,557 milyar off-the-road.

Bmw Seri 3 BMW Seri 3 Coupe, dibandingkan dengan saudaranya seri 3 ini tampil dengan kesan sporty dan mempesona. Bagian depan mulai dari grille, lampu dan detil lekukan pada kabin mesin mobil ini tampil serba baru. Secara kasat mata pun terlihat tampilannya yang lebih rendah dan lebih lebar.

Spesifikasi BMW Seri 3 Coupe antara lain:

  • Mesin 6 silinder
  • Kapasitas Mesin 3000 cc
  • 258 Hp pada 6600 rpm
  • Torsi maksimum 300 Nm pada 2500 rpm
  • Kemampuan akselerasi 6,5 detik dari 0-100 km/jam
  • Konsumsi bahan bakarnya adalah 1 : 11 (liter/km)
  • Adaptive headlight dan turning light function
  • Automatic seatbelt feed
  • Anti-lock Brake Control System (ABS)
  • Dry Braking
  • Automatic Stability Control (ASC)
  • Dynamic Traction Control (DTC)
  • Cornering Brake Control (CBC)
  • Active Steering
  • Cruise Control


BMW Seri 3 Coupe ini berharga Rp. 1,086 milyar off-the-road.

Kedua model baru BMW ini hadir dalam jumlah yang terbatas. Konsumen pun dapat memilih fitur maupun warna sesuai dengan seleranya tersendiri. Pesanan para konsumen akan terpenuhi dalam jangka waktu 4 (empat) bulan ke depan. Dan sebagai tambahan informasi, 2 (dua) mobil yang menjadi display peluncuran BMW Seri 6 Convertible dan BMW Seri 3 Coupe terbaru sudah ada peminatnya.

BMW Indonesia meyakinkan bahwa semua produk BMW di Indonesia telah disesuaikan secara teknis dengan karakter jalan raya, iklim, serta kualitas bahan bakar di Indonesia.


http://www.situsotomotif.com/berita%11otomotif/produk-baru/bmw-meluncurkan-produk-seri-6-convertible-dan-seri-3-coupe/


i-DSI vs i-VTEC Honda Jazz

mesin-jazz-sml.jpgMesin tipe L Honda

Seri L merupakan tipe mesin 4-silinder yang diciptakan oleh Honda. Mesin ini mempunyai bermacam varian: 1.2, 1.3, dan 1.5 L, yang mengusung nama L12A, L13A, dan L15A. Mesin dengan tipe inilah yang terdapat pada Honda Jazz.
Dua buah tipe valvetrain dihadirkan pada seri mesin ini. L12A, L13A, dan satu dari varian L15A menggunakan i-DSI atau “intelligent Dual & Sequential Ignition”. Mesin ini menggunakan 2 busi per silinder. Valvetrain lain yang digunakan adalah VTEC pada salah satu dari mesin seri L15A. Mesin ini diharapkan dapat meningkatkan performa dibandingkan efisiensi yang mampu mencapai torsi puncak pada rpm tinggi. Tapi, masih tetap menawarkan kombinasi yang bagus baik untuk performa maupun hemat bahan bakar. Untuk i-DSI mempunyai rasio kompresi 10.8:1 dan VTEC 10.4:1.

I-VTECH®
Intelligent Variable Timing and lift Control (i-VTEC®) merupakan peningkatan dari sistem perubahan valve-timing, yang menawarkan peningkatan tenaga dengan rpm-tinggi, pengurangan emisi gas buang dan irit bahan bakar. Katup intake terbuka lebih lama dan lebih dalam hingga 4500 rpm untuk mendapatkan aliran udara pada rpm tinggi. i-VTEC menambahkan Variable Timing Control (VTC), yang meningkatkan perputaran camshaft ke mesin rpm mesin untuk dapat mengoptimalkan valve timing dengan jarak blayer.

i-VTEC memperkenalkan fase perubahan camshaft secara terus menerus pada kem intake dari mesin DOHC VTEC . Teknologi ini tampil pertama kalinya dikeluarga mesin 4-silinder Honda K-series ditahun 2001 (tahun 2002 di Amerika Serikat). Pengangkatan katup dan durasinya masih terbatas pada perbedaan tinggi dan rendahnya rpm, tetapi intake camshaft sekarang mampu meningkat antara 25 dan 50 derajat (tergantung konfigurasi mesin) selama berjalan.

Performa dari sistem i-VTEC pada dasarnya sama dengan sistem VTEC DOHC dari mesin B16A, keduanya mempunyai intake dan exhaust 3 cam lobe per silinder. Bagaimanapun valvetrain-nya menambah keuntungan dan perubahan dari intake cam timing. Keuntungan ekonomis dari i-VTEC sama halnya dengan SOHC VTEC-E dimana kem intake hanya punya dua cuping, yang satu kecil dan satunya besar, seperti halnya yang tidak ada VTEC di kem exhaust. Dua tipe penggerak dapat secara mudah dibedakan dari tenaga keluaran pabrik: performa penggerak antara 200 hp atau lebih dan penggerak ekonomis tidak lebih dari 160 hp yang dikeluarkan dari pabrik.

i-DSI
Konfigurasi dari mesin i-DSI L-series adalah mesin yang kecil, dengan profil yang tipis, inline-4, 8-katup, desain SOHC dengan dua buah busi per silinder. Dikarenakan bermesin SOHC dan khususnya untuk desain 8-katup (2-katup per silinder), mesin asli L-series, L13A dan L15A i-DSI dianggap menggelikan. Skema didasarkan karena pada saat ini mesin-mesin sudah berupa desain multi-valve dengan spesifikasi tinggi mendekati DOHC.
Honda menjelaskan bahwa secara obyektif desain terbaru mereka dengan mesin L-series berbahan bakar bensin adalah untuk mencapai pembakaran yang sempurna. Pembakaran yang sempurna ini dijelaskan sebagai ”pembakaran yang sempurna dari percampuran udara dan bahan bakar tanpa menyianyiakan setetespun bahan bakar dan kemudian mengubah seluruh energi dari pembakaran tersebut menjadi energi kinetik”. Untuk mencapai hal tersebut, Honda mencari-cari cara untuk mengoptimalkan proses pembakaran tersebut.

Untuk mencapai hal tersebut, Honda mengimplementasikan dua buah pendekatan: 'remarkably intensive combustion' dan 'combustion control adjusted to engine speed (rpm)'. Pada mesin L-series, cara-cara ini dilakukan melalui ruang pembakaran compact dan sistem i-DSI terbaru.
Pengembangan terbaru dari sistem i-DSI ini secara cerdas menggunakan 2 buah busi per silinder dan mencari untuk “meningkatkan” proses pembakaran dan menghilangkan peledak. Dan hasilnya, i-DSI secara langsung mampu membuat mesin menghantarkan torsi tinggi pada setiap rpm, membuat efisien/hemat bahan bakar dan mengeluarkan emisi gas buang yang bersih.

Mesin L-series terbaru, baik i-DSI ataupun VTEC merupakan sebuah seni. Yang lebih penting lagi, keduanya mempunyai karakteristik yang unik dan seluruh teknologi yang dirancang untuk menemukan rancangan yang sangat objektif. Dan untuk keseluruhan, target penting dari mesin L-series ini, apakah i-DSI ataupun VTEC merupakan mesin yang kecil, dengan profil kecil yang mampu masuk kedalam kompartemen mesin yang kecil dan sempit , emisi gas buang yang rendah dan sebagai pimpinan untuk kendaraan hemat bahan bakar pada kelasnya.

sumber: wikipedia, vtec

http://www.situsotomotif.com/berita%11otomotif/produk-baru/i%11dsi-vs-i%11vtec-honda-jazz/